Thursday, March 12, 2009

MENANAMKAN BUDAYA CINTA LINGKUNGAN


Penanaman cinta budaya dan lingkungan sejak dini perlu dilakukan untuk menumbuhkan rasa bangga dan cinta pada budaya asli sehingga kebudayaan warisan leluhur tidak akan punah ditelan zaman. Anak-anak perlu dikenalkan pada alam lingkungan disekitarnya, mengenal lingkungan disekitar tempat tinggalnya, mengenali tanaman serta manfaatnya, karena pernah saya jumpai ada seorang anak yang tidak tahu dengan padi yang sedang dijemur anak ini heran dan kemudian menanyakan pada saya nama barang yang dijemur itu, kemudian saya terangkan bahwa yang dijemur itu adalah padi dan jika sudah kering akan di bawa ke penggilingan padi untuk dibuang kulitnya untuk dijadikan beras. selanjutnya anak-anak perlu dikenalkan pada lingkungan yang lebis luas (alam) mengenal sungai, laut, sawah, hutan ataupun suatu perkebunan dan yang tak kalah penting adalah bagaimana menanamkan dalam diri anak-anak untuk mampu mencintai dan merawatnya.

3 comments:

  1. bagus itu bos. cinta lingkungan dan budaya daerah. tapi ingat, jangan cinta sesama jenis ya! guyon lho........

    ReplyDelete
  2. Yah moga2 global warming bisa teratasi oleh kesadaran generasi kita akan pentingnya memelihara lingkungan hidupnya

    ReplyDelete
  3. Memang kenapa kalau sesama jenis... Itu kan hak asasi.
    Gua straight, tapi gua menghargai HAM.

    ReplyDelete